Posted by MastahBlogger on Wednesday, November 15, 2017
Hai Sobat Blogger semua,Di tahun 2017 ini sudah banyak sekali orang-orang yang tertarik untuk memulai bisnis internet marketing di dunia blogging.
Pemicunya adalah sejak dikeluarkannya sebuah metode baru oleh google yaitu google AdSense pada tahun 2003 kalo tidak salah.
Banyak orang berpikir bahwa membangun sebuah blog itu tidaklah sulit.Memang benar,
Membangun sebuah blog bukanlah hal yang sulit.Namun,letak kesulitan sebenarnya adalah membuat artikel atau konten blog.
Mengapa saya berkata demikian,padahal membuat artikel itu kan gampang.tinggal ngetik..
Tetapi jangan anggap remeh,
Membuat artikel yang menarik dan berbobot itu bukan perkara mudah,apalagi untuk membangun sebuah blog atau website.
Artikel pada website itu berbeda dengan artikel yang ada di media lainnya seperti Koran ataupun buku.
Bayangkan anda sudah capek membuat artikel namun tidak ada pengunjung yang membacanya sampai tuntas bahkan lebih parahnya lagi tidak ada yang berkunjung.
Akhirnya peringkat website mereka gagal mendapat peringkat dari google meskipun sudah pernah belajar yang namanya SEO.
Tapi jangan khawatir,semua itu ada solusinya..
Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan anda bagaimana sih caranya membuat artikel website yang menarik dan berbobot sehingga dapat mendatangkan banyak visitor.
Mari kita mulai
0. Lupakan SEO
Mengapa saya bilang lupakan seo,sedangkan situs-situs lain menekankan untuk mengoptimalkan SEO pada sebuah konten atau artikel blog.
Coba anda renungkan,untuk apa anda menggunakan tehnik SEO jika banyak situs yang tanpa menerapkan seo saat menulis artikel mendapatkan peringkat yang bagus dimata google.
Inilah permasalahan yang akan timbul jika anda terlalu focus untuk optimasi SEO,tenpa sengaja anda telah menulis artikel untuk mesin.
Sedangkan anda melupakan untuk apa dan siapa sebenarnya artikel yang anda buat.
Coba renungkan,
Siapakah pembaca artikel yang sebenarnya,apakah manusia atau mesin?
Tentu saja jawabannya adalah kita (manusia).Jika anda terlalu focus pada SEO secara tidak sengaja anda telah membuat artikel yang tidak menarik untuk dibaca oleh manusia.
Oleh karena itu,dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara membuat artikel
“Humman-Frendly” dan melupakan “SEO-Friendly”
Dulu,yang kita kenal dengan istilah artikel SEO adalah yang seperti ini :
⦁ Memiliki keyword density sekian persen
⦁ Mengandung keyword di paragraph pertama dan terakhir
⦁ Memiliki panjang artikel 300-500 kata
⦁ Bold,underline italic disetiap keyword
⦁ Menggunakan subheader yang berisi keyword
⦁ Optmasi meta description
Namun sekarang tehnik itu sudah tidak lagi keren alias jadul.
Coba anda bayangkan,sebagus apapun SEO artikel jika isinya kurang menarik dibaca oleh manusia maka sia-sia saja kan.
Untuk itu lupakanlah yang namanya SEO-Friendly dan terapkanlah Humman-Friendly
Hal inilah yang akan memicu artikel anda menjadi viral.
Caranya adalah sebagai berikut :
1. Sipakah calon pembaca yang anda targetkan
Alangkah baiknya anda dapat mengetahui karakter calon pembaca artikel anda.
Beda topic tentu saja peminatnya juga beda
Dewasa,remaja,laki-laki,wanita tentu saja memiliki selera yang bebeda-beda
Sebagai contoh,jika anda membuat artikel mengenai “Game” pasti pembaca adalah remaja (16-20 tahun) ,tidak mungkin seorang yang telah dewasa ingin bermain game
lain halnya jika anda membuat artikel tentang “pekerjaan” pasti peminatnya adalah orang-orang yang sudah dewasa (20-40 tahun)
Jadi antara orang dewasa dan remaja cara menulis artikelnya juga pasti berbeda
Repot dong…hemmm
Namun jika anda ingin artikel anda menjadi viral anda tentu tidak bisa menyepelekan hal ini.
Namun anda tidak mesti menulis artikel sesuai dengan EYD
Yang penting artikel yang anda buat menarik dan enak dibaca oleh manusia.
2. Buatlah judul artikel yang menarik
Tahukah anda…judul artikel yang menarik dapat memancing pembaca di internet untuk mengklik situs web anda
Walaupun isi artikelnya kurang menarik namun judulnya sangat menarik dapat memicu klik.
Parah bukan ?
Jadi saya menyarankan anda untuk membuat judul artikel semenarik mungkin namun juga harus relevan dengan isi konten blog anda.
Perhatikan gambar situs di halaman pertama google ini
Coba perhatiakan blog atau website yang ada dihalaman pertama google memiliki judul artikel yang menarik
Jadi pertempuran antara blogger dimulai dari judul konten yang menarik.
Google mengikuti prilaku manusia…
Kita semua tau manusia akan mengklik judul yang dia rasa cukup menarik..
Perhatikan gambar situs di halaman ke sepuluh google ini
Coba perhatikan gambar di atas sangat jelas kan perbedaan antara halaman 1 dengan 10 dari segi judulnya
Jadi anda tidak bisa menganggap remeh pengaruh judul artikel terhadap rangking blog atau website anda
3. Buatlah kerangka artikel
Belajar menulis artikel berkualitas itu sangat susah.
Apa yang harus anda tulis duluan? Setelah itu apa selanjutnya? Apakah ini perlu dibahas?
Oleh sebab itu anda harus membuat kerangka artikel anda terlebih dahulu dengan menggunakan “metode pramida terbalik”
Yaitu bagian pertama artikel harus mengandung gambaran utama dari artikel yang anda tulis dan memberikan alas an mengapa para pembaca harus membaca artikel anda sampai habis.
Bagian kedua adalah anda harus menulisakan isi artikel anda yang sebenarnya secara lengkap dan mendetail.
Baru bagian terakhir adalah penutup atau kesimpulan dari artekel yang anda tulis.
4. Perhatikan format penulisan artikel anda
- Gunakanlah font yang mudah dibaca
- Gunakan ukuran font 14-22px
- Lebar horizontal antara 480-720px
- Line-height antara 1.5-2em
- Margin di bawah paragraf antara 1.5-2cm
- Gunakanlah banyak gambar
- Gunakan sub-heading supaya artikel panjang memiliki bagian-bagiannya sendiri
- Gunakanlah list seperti artikel saya ini
5. Gunakanlah metode STEEPS
Memilih topik itu rumit. Tapi untungnya, ada suatu metode yang bisa kita
manfaatkan untuk mendapatkan ide topik.
Namanya STEPPS.
Topik anda harus merupakan salah satu dari STEPPS ini:
- Social currency: bisa membuat mereka bangga atas identitasnya
- Triggers: langsung terpikirkan ketika seseorang berbicara tentang sesuatu
- Emotion: bisa membangkitkan perasaan
- Public: topik yang populer atau sedang hangat
- Practical value: isi dari topik itu bisa dipraktekkan
- Story: kisah seseorang atau kejadian yang berhubungan dengan mereka
Itulah STEPPS.
Ketika sedang mencari ide untuk topik konten unggulan, pastikan topiknya memenuhi salah satu dari 6 syarat tersebut.
Apakah penyabab utama seseorang melakukan share terhadap sesuatu tertentu?
Tentu saja karena mereka ingin mendapatkan kebanggaan dari orang lain
Itulah Social Currency.
Buatlah sebuah artikel yang belum banyak diketahui orang lain,sehingga jika seseorang menemukan artikel anda maka dia akan melakukan share
Tentu saja tujuannya tidak lain adalah untuk mendapatkan banyak like dan kebanggaan diri
karena dialah yang pertama mengetahui hal yang belum banyak diketahui oleh orang lain
Masuk akal bukan?
Mudah diingat.
Gunakanlah konten yang mudah diingat oleh orang.
Orang-orang cenderung membagikan sebuah artikel atau konten yang mudah diingat oleh dirinya.
Kalau anda membuat suatu metode dan menamai metode tersebut, maka orang lain akan semakin mudah mengingat konten anda sebagai solusi masalah mereka.
Jadi dengan menciptakan istilah baru maka orang-orang akan cenderung mengingat konten anda setiap kali topiknya diangkat.
Kita sebagai menusia cenderung membagikan sesuatu yang sipatnya membangkitkan emosi atau perasaan
Emosi yang dimaksud disini adalah perasaan senang,sedih,takut dan lain-lain
Sebagai contoh,
Ada seseorang yang memposting suatu kejadian di social media yang misalnya seorang kakek-kakek yang rela bekerja demi membelikan handpone untuk anaknya padahal dia sudah tua dan dalm kadaan yang lemah
Bagaimana perasaan anda?
Tentu saja anda akan sedih dan berusaha membaca lebih lanjut tentang kisah kakek tersebut
Begitu juga dengan hal-hal lain yang membangkitkan persaan selain sedih
Bisa sesuatu yang membangkitkan perasaan senang,bahagia,ataupun takut
Buatlah topic yang sedang popular pada waktu itu,
Orang-orang di social media sering membagikan sesuatu yang popular waktu itu,
Untuk referensi anda bisa cari di situs lain seperti situs berita,youtube trend dan lain-lain
Untuk bisa menemui topik-topik seperti ini, ada beberapa caranya:
- Selalu ikuti perkembangan berita mengenai topik utama anda
- Bergabung dalam situs komunitas yang topiknya sesuai, lihat masalah yang dialami anggota komunitas
- Pelajari mengenai Keyword Research untuk mengetahui jumlah pencarian suatu topic
Tulislah sebuah artikel yang mudah dimengerti oleh orang lain
Karena konten seperti ini seringkali bisa membuat sebuah blog atau website menjadi terkenal
Karena konten di dalam website itu mudah dimengerti dan mudah untuk dilakukan oleh semua orang
Contoh website yang menerapkan metode ini adalah wikihow,
Wikihow memberikan metode penyelesaian masalah yang mudah dimengerti dan dilakukan oleh pembaca
Hal inilah yang membuat wikihow menjadi terkenal
Jadi silahkan tulis artikel yang mudah dimengerti dan dilakukan oleh pembaca
Daripada hanya berupa rangkaian informasi, konten yang mengandung cerita akan membuat pembaca peduli.
Namun bercerita yang dimaksudkan bukan cerpen,ataupun novel
Namun Anda bisa menambahkan unsur cerita ke dalam konten apapun. Tutorial maupun informasional.
Daripada membuat konten tentang “bagaimana mnambah tinggi badan dalam waktu satu bulan ”, coba ubah sudut pandangnya menjadi “bagaimana saya menurunkan menambah tinggi badan 10cm dalam satu bulan”.
Studi kasus merupakan salah satu bentuk konten yang paling populer.
Carilah referensi atau wawancara langsung pada orang yang pernah mengalami sendiri jika anda belum mempunyai cerita sendiri
Itulah penjelasan singkat dari STEEPS,Setidaknya website atau blog anda memliki salah satu dari STEEPS tersebut.
Sekian dulu artikel ini saya tulis,kesimpulannya adalah jika anda ingin membuat konten atau artikel yang berkualitas anda harus banyak-banyak belajar dan terus mencoba.
tulislah artikel sesuai keahlian atau hobby anda agar anda tidak kesulitan dalam mencari referensi sana sini..Sekian Salam MastahBlogger