• Privacy Policy
  • Terms
  • Disclaimer

MastahBlogger

  • DROPDOWN MENU
  • About
  • Contact
  • Motivasi
  • Tutorial SEO
  • Sitemap
Home » Blog » Blogger » Blogspot » Lupakan SEO ! Begini Cara Menulis Artikel Humman-Friendly

Lupakan SEO ! Begini Cara Menulis Artikel Humman-Friendly

Posted by MastahBlogger on Wednesday, November 15, 2017
Label: Blog, Label: Blogger, Label: Blogspot

Hai Sobat Blogger semua,Di tahun 2017 ini sudah banyak sekali orang-orang yang tertarik untuk memulai bisnis internet marketing di dunia blogging.

Pemicunya adalah sejak dikeluarkannya sebuah metode baru oleh google yaitu google AdSense pada tahun 2003 kalo tidak salah.


Banyak orang berpikir bahwa membangun sebuah blog itu tidaklah sulit.Memang benar,


Membangun sebuah blog bukanlah hal yang sulit.Namun,letak kesulitan sebenarnya adalah membuat artikel atau konten blog.


Mengapa saya berkata demikian,padahal membuat artikel itu kan gampang.tinggal ngetik..
Tetapi jangan anggap remeh,


Membuat artikel yang menarik dan berbobot itu bukan perkara mudah,apalagi untuk membangun sebuah blog atau website.


Artikel pada website itu berbeda dengan artikel yang ada di media lainnya seperti Koran ataupun buku.


Bayangkan anda sudah capek membuat artikel namun tidak ada pengunjung yang membacanya sampai tuntas bahkan lebih parahnya lagi tidak ada yang berkunjung.


Akhirnya peringkat website mereka gagal mendapat peringkat dari google meskipun sudah pernah belajar yang namanya SEO.


Tapi jangan khawatir,semua itu ada solusinya..


Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan anda bagaimana sih caranya membuat artikel website yang menarik dan berbobot sehingga dapat mendatangkan banyak visitor.


Mari kita mulai



 

0. Lupakan SEO

Mengapa saya bilang lupakan seo,sedangkan situs-situs lain menekankan untuk mengoptimalkan SEO pada sebuah konten atau artikel blog.

Coba anda renungkan,untuk apa anda menggunakan tehnik SEO jika banyak situs yang tanpa menerapkan seo saat menulis artikel mendapatkan peringkat yang bagus dimata google.

Inilah permasalahan yang akan timbul jika anda terlalu focus untuk optimasi SEO,tenpa sengaja anda telah menulis artikel untuk mesin.

Sedangkan anda melupakan untuk apa dan siapa sebenarnya artikel yang anda buat.
Coba renungkan,

Siapakah pembaca artikel yang sebenarnya,apakah manusia atau mesin?

Tentu  saja jawabannya adalah kita (manusia).Jika anda terlalu focus pada SEO secara tidak sengaja anda telah membuat artikel yang tidak menarik untuk dibaca oleh manusia.

Oleh karena itu,dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara membuat artikel
“Humman-Frendly” dan melupakan “SEO-Friendly”

Dulu,yang kita kenal dengan istilah artikel SEO adalah yang seperti ini :

         ⦁    Memiliki keyword density sekian persen
         ⦁    Mengandung keyword di paragraph pertama dan terakhir
         ⦁    Memiliki panjang artikel 300-500 kata
         ⦁    Bold,underline italic disetiap keyword
         ⦁    Menggunakan subheader yang berisi keyword
         ⦁    Optmasi meta description

Namun sekarang tehnik itu sudah tidak lagi keren alias jadul.


Coba anda bayangkan,sebagus apapun SEO artikel jika isinya kurang menarik dibaca oleh manusia maka sia-sia saja kan.


Untuk itu lupakanlah yang namanya SEO-Friendly dan terapkanlah Humman-Friendly


Hal inilah yang akan memicu artikel anda menjadi viral.


Caranya adalah sebagai berikut :


1. Sipakah calon pembaca yang anda targetkan

Alangkah baiknya anda dapat mengetahui karakter calon pembaca artikel anda.
Beda topic tentu saja peminatnya juga beda


Dewasa,remaja,laki-laki,wanita tentu saja memiliki selera yang bebeda-beda
Sebagai contoh,jika anda membuat artikel mengenai “Game” pasti pembaca adalah remaja (16-20 tahun) ,tidak mungkin seorang yang telah dewasa ingin bermain game
 

lain halnya jika anda membuat artikel tentang “pekerjaan” pasti peminatnya adalah orang-orang yang sudah dewasa (20-40 tahun) 

Jadi antara orang dewasa dan remaja cara menulis artikelnya juga pasti berbeda
Repot dong…hemmm


Namun jika anda ingin artikel anda menjadi viral anda tentu tidak bisa menyepelekan hal ini.
Namun anda tidak mesti menulis artikel sesuai dengan EYD


Yang penting artikel yang anda buat menarik dan enak dibaca oleh manusia.



2. Buatlah judul artikel yang menarik

Tahukah anda…judul artikel yang menarik dapat memancing pembaca di internet untuk mengklik situs web anda

Walaupun isi artikelnya kurang menarik namun judulnya sangat menarik dapat memicu klik.
Parah bukan ?


Jadi saya menyarankan anda untuk membuat judul artikel semenarik mungkin namun juga harus relevan dengan isi konten blog anda.


Perhatikan gambar situs di halaman pertama google ini 



Coba perhatiakan blog atau website yang ada dihalaman pertama google memiliki judul artikel yang menarik


Jadi pertempuran antara blogger dimulai dari judul konten yang menarik.
Google mengikuti prilaku manusia…


Kita semua tau manusia akan mengklik judul yang dia rasa cukup menarik..


Perhatikan gambar situs di halaman ke sepuluh google ini 



 

Coba perhatikan gambar di atas sangat jelas kan perbedaan antara halaman 1 dengan 10 dari segi judulnya 

Jadi anda tidak bisa menganggap remeh pengaruh judul artikel terhadap rangking blog atau website anda


3. Buatlah kerangka artikel


Belajar menulis artikel berkualitas itu sangat susah.

Apa yang harus anda tulis duluan? Setelah itu apa selanjutnya? Apakah ini perlu dibahas?

Oleh sebab itu anda harus membuat kerangka artikel anda terlebih dahulu dengan menggunakan “metode pramida terbalik”

Yaitu bagian pertama artikel harus mengandung gambaran utama dari artikel yang anda tulis dan memberikan alas an mengapa para pembaca harus membaca artikel anda sampai habis.

Bagian kedua adalah anda harus menulisakan isi artikel anda yang sebenarnya secara lengkap dan mendetail.
Baru bagian terakhir adalah penutup atau kesimpulan dari artekel yang anda tulis.

4. Perhatikan format penulisan artikel anda

  • Gunakanlah font yang mudah dibaca 
  • Gunakan ukuran font 14-22px
  • Lebar horizontal antara 480-720px 
  • Line-height antara 1.5-2em 
  • Margin di bawah paragraf antara 1.5-2cm
  • Gunakanlah banyak gambar
  • Gunakan sub-heading supaya artikel panjang memiliki bagian-bagiannya sendiri
  • Gunakanlah list seperti artikel saya ini

 

5. Gunakanlah metode STEEPS

 

 

Memilih topik itu rumit. Tapi untungnya, ada suatu metode yang bisa kita

manfaatkan untuk mendapatkan ide topik.

Namanya STEPPS.


Topik anda harus merupakan salah satu dari STEPPS ini:

  • Social currency: bisa membuat mereka bangga atas identitasnya
  • Triggers: langsung terpikirkan ketika seseorang berbicara tentang sesuatu
  • Emotion: bisa membangkitkan perasaan
  • Public: topik yang populer atau sedang hangat
  • Practical value: isi dari topik itu bisa dipraktekkan
  • Story: kisah seseorang atau kejadian yang berhubungan dengan mereka

Itulah STEPPS.


Ketika sedang mencari ide untuk topik konten unggulan, pastikan topiknya memenuhi salah satu dari 6 syarat tersebut.

  • Social Currency
Apakah penyabab utama seseorang melakukan share terhadap sesuatu tertentu?

Tentu saja karena mereka ingin mendapatkan kebanggaan dari orang lain

Itulah  Social Currency.


Buatlah sebuah artikel yang belum banyak diketahui orang lain,sehingga jika seseorang menemukan artikel anda maka dia akan melakukan share

Tentu saja tujuannya tidak lain adalah untuk mendapatkan banyak like dan kebanggaan diri

karena dialah yang pertama mengetahui hal yang belum banyak diketahui oleh   orang lain

Masuk akal bukan? 

  • Triggers
Mudah diingat.

Gunakanlah konten yang mudah diingat oleh orang.

Orang-orang cenderung membagikan sebuah artikel atau konten yang mudah diingat oleh dirinya.


Kalau anda membuat suatu metode dan menamai metode tersebut, maka orang lain akan semakin mudah mengingat konten anda sebagai solusi masalah mereka.


Jadi dengan menciptakan istilah baru maka orang-orang akan cenderung mengingat konten anda setiap kali topiknya diangkat.

  • Emotion

Kita sebagai menusia cenderung membagikan sesuatu yang sipatnya membangkitkan emosi atau perasaan

Emosi yang dimaksud disini adalah perasaan senang,sedih,takut dan lain-lain


Sebagai contoh,



Ada seseorang yang memposting suatu kejadian di social media yang misalnya seorang kakek-kakek yang rela bekerja demi membelikan handpone untuk anaknya padahal dia sudah tua dan dalm kadaan yang lemah

Bagaimana perasaan anda?

Tentu saja anda akan sedih dan berusaha membaca lebih lanjut tentang kisah kakek tersebut


Begitu juga dengan hal-hal lain yang membangkitkan persaan selain sedih

Bisa sesuatu yang membangkitkan perasaan senang,bahagia,ataupun takut

  • Public
Buatlah topic yang sedang popular pada waktu itu,

Orang-orang di social media sering membagikan sesuatu yang popular waktu itu,

Untuk referensi anda bisa cari di situs lain seperti situs berita,youtube trend dan lain-lain


Untuk bisa menemui topik-topik seperti ini, ada beberapa caranya:

  1. Selalu ikuti perkembangan berita mengenai topik utama anda
  2. Bergabung dalam situs komunitas yang topiknya sesuai, lihat masalah yang dialami anggota komunitas
  3. Pelajari mengenai Keyword Research untuk mengetahui jumlah pencarian  suatu topic
  • Practical value
Tulislah sebuah artikel yang mudah dimengerti oleh orang lain

Karena konten seperti ini seringkali bisa membuat sebuah blog atau website menjadi terkenal

Karena konten di dalam website itu mudah dimengerti dan mudah untuk dilakukan oleh semua orang

Contoh website yang menerapkan metode ini adalah wikihow,

Wikihow memberikan metode penyelesaian masalah yang mudah dimengerti dan dilakukan oleh pembaca

Hal inilah yang membuat wikihow menjadi terkenal

Jadi silahkan tulis artikel yang mudah dimengerti dan dilakukan oleh pembaca

  • Story
Daripada hanya berupa rangkaian informasi, konten yang mengandung cerita akan membuat pembaca peduli.

Namun bercerita yang dimaksudkan bukan cerpen,ataupun novel

Namun Anda bisa menambahkan unsur cerita ke dalam konten apapun. Tutorial maupun informasional.

Daripada membuat konten tentang “bagaimana mnambah tinggi badan dalam waktu satu bulan ”, coba ubah sudut pandangnya menjadi “bagaimana saya menurunkan menambah tinggi badan 10cm dalam satu bulan”.


Studi kasus merupakan salah satu bentuk konten yang paling populer.
Carilah referensi atau wawancara langsung pada orang yang pernah mengalami sendiri jika anda belum mempunyai cerita sendiri

Itulah penjelasan singkat dari STEEPS,Setidaknya website atau blog anda memliki salah satu dari STEEPS tersebut.

Sekian dulu artikel ini saya tulis,kesimpulannya adalah jika anda ingin membuat konten atau artikel yang berkualitas anda harus banyak-banyak belajar dan terus mencoba.

tulislah artikel sesuai keahlian atau hobby anda agar anda tidak kesulitan dalam mencari referensi sana sini..Sekian Salam MastahBlogger


 


0 Response to "Lupakan SEO ! Begini Cara Menulis Artikel Humman-Friendly "

← Newer Post Older Post → Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

All Blogger Tricks

POPULAR POSTS

  • Artikel Original 2000 Kata Perhari,Pelajari 3 Tehniknya Disini
    Mendengar kata “artikel original” saja sudah membuat kita membayangkan “wah ini pasti sulit”  apalagi ditambah dengan “2000 kata” Mana mu...

Blog Archive

  • ▼  2017 (5)
    • ▼  November (5)
      • Artikel Original 2000 Kata Perhari,Pelajari 3 Tehn...
      • Lupakan SEO ! Begini Cara Menulis Artikel Humman-F...
      • Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Google AdS...
      • Bagaimana Cara Buat Blog di Blogspot Untuk Pemula
      • Apa itu blog,dan bagaimana cara hasilkan uang dari...
Powered by Blogger.

Labels

  • Blog
  • Blogger
  • Blogspot
  • Google AdSense

About Us!

Halo sobat blogger semua...
Selamat datang di MastahBlogger.Di sini kita akan membahas seputar tips dan triks ngblog mulai dari awal sampai blog benar-benar benar menghasilkan uang.Terima kasih karena telah berkunjung di MastahBlogger:)

Loading...

Info

Kategori

  • Blog
  • Blogger
  • Blogspot
  • Google AdSense
Copyright 2015 MastahBlogger. All Rights Reserved